Baranda

SEJARAH PENDIRIAN CU JEMBATAN KASIH

 INSPIRASI AWAL

Gagasan mendirikan sebuah Credit Union tingkat Keuskupan Pangkalpinang, bukanlah sebuah gagasan yang instan. Ada banyak faktor yang diamati dan juga ada sebuah pergumulan menyangkut tugas yang dipercayakan sebagai pengurus Yayasan Tunas Karya dan juga bagian dari permenungan yang mengkristal tentang masa depan finansial Keuskupan.

Pada mulanya ada tiga yayasan dalam lingkup Keuskupan Pangkalpinang. Namun karena ada perubahan peraturan pemerintah tentang yayasan, maka tiga yayasan dilebur menjadi satu yayasan. Tiga yayasan itu menagani tiga bidang yang berbeda, yakni Bidang Pendidikan ditangani oleh Yayasan Tunas Karya; Bidang Kesehatan dibawah naungan Yayasan Bhakti Wara dan Bidang Sosial Ekonomi yang ditangani oleh Yayasan Cipta Karya. Ketiga yayasan ini dilebur menjadi satu yayasan dengan nama Yayasan Tunas Karya namun tetap menangani tiga bidang pelayanan utama di atas.

Setelah digabung menjadi satu yayasan, terlihat dengan jelas bahwa persoalan dana dan pendampingan dalam ketiga bidang pelayanan ini menjadi persoalan utama. Maka perlu dicari bentuk usaha tertentu yang dapat membuahkan hasil yang maksimal dalam hal pendanaan dan pendampingan. Secara kebetulan saya mendapat informasi tentang Credit Union sebagai sebuah bentuk pastoral sosial ekonomi yang baik oleh Romo Domi Nong di Ndona-Ende pada bulan Februari 2008.