ORGANIZATION DEVELOPMENT CREDIT UNION JEMBATAN KASIH TAHUN 2022

slide

Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Jembatan Kasih (CUJK) bukanlah semata lembaga keuangan non Bank, melainkan juga sebagai lembaga pemberdayaan yang harus mampu berkembang dan senantiasa berupaya agar tetap berkelanjutan.

Agar kedepannya Credit Union Jembatan Kasih, mampu menghasilakn langkah strategis yang baru dan berkesinambungan, maka Credit Union Jembatan Kasih mengadakan lokakarya Organization Development (OD) setiap tahun.

Kali ini, OD dilaksanakan pada tanggal 30 Juni s.d 01 Juli 2022  yang difasilitasi oleh RD Fredy Rante Taruk, selaku badan penasehat PUSKOPCUINA dan anggota LKM Credit Union KWI. Lokakarya ini dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, dan manajemen Credit Union Jembatan Kasih yang berjumlah 51 orang

Hadir secara offline pada hari pertama sebanyak 41 orang,sedangan 10 orang lainnya mengiikuti secara Virtual terdiri dari ketua pengawas,2 orang anggota pengurus, 3 orang staf dari TP Pangkal Pinang,2 orang staf dari TP Pekanbaru, 1 orang staf dari TP Reo dan 1 orang staf dari TP Batu Aji Batam.

Sedangkan pada hari ke dua hadir secara offline sebanyak 40 orang,dan yang mengikuti secara virtual sebanyak 9 orang terdiri dari ketua pengawas, 2 anggota pengurus,3 orang dari TP Pangkal Pinang, 2 orang dari TP Pekanbaru dan 1 orang dari TP Reo.

Acara dimulai pada pukul 15.00 WIB. yang berlangsung di Gedung Serba Guna Paroki Santo.Petrus Lubuk Baja Pulau Batam Kepulauan Riau. Acara diawali dengan kata sambuta dari ketua pengurus KSP Credit Union Jembatan kasih RD. Yosefus Anting Patimura.

Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan: bahwa Credit Union Jembatan Kasih adalah sebuah lembaga pemberdayaan,untuk menuju lembaga yang baik dan berkesinambungan. Maka di perlukan barbaikan-perbaikan di segala lini yang bisa mendatangkan manfaat, bagi banyak orang terutama bagi para anggotanya.

Pada saat ini banyak di antara kita yang kurang beruntung dalam kehidupan ekonominya, oleh karena itu Credit Union Jembatan Kasih, ingin meringankan sedikit dari ketidak beruntungan mereka. Ingat!! yang bisa menolong si miskin adalah dirinya sendiri, kita tidak akan pernah sukses apa bila hanya berpangku tangan dan mengharapkan belas kasihan orang lain. Kita harus berusaha agar kehidupan menjadi lebih baik.

Senada dengan itu RD. Fredy Rante Taruk, selaku Fasilitator utama mengatakan bahwa di era digital saat ini, Credit Union harus mampu melihat situasi dan kondisi di mana dia berkarya,Tata kelola yang baik dalam sebuah CU sangat menentukan masa depan CU itu sendiri, apa bila di kelola dengan baik maka baiklah CU itu, tetapi apa bila tidak di kelola dengan baik maka CU akan di tinggalkan oleh para anggotanya.

Kehadiran Credit Union hari ini ingin mengurangi kemiskinan dan bukan menciptakan kemiskinan baru bagi anggotanya, Credit Union merupakan tempat pemberdayaan manusia dan bukan tempat menciptakan manusia-manusia baru.

Oleh karena itu Credit Union seharusnya mampu merubah pola pikir para anggotanya agar mereka mampu menjadikan dirinya bermanfaat bagi banyak orang dan bagi dirinya sendiri.

Credit Union merupakan lembaga pemberdayaan manusia dan memanusiakan manusia itu sendiri, agar mereka memahami arti CU yang sesunggunya, tetapi banyak CU saat ini hanya memikirkan simpan dan pinjam, tetapi moral manusianya tidak pernah di perhatikan, maka jangan heran kalau kredit lalai semakin tinggi.

Ada tiga tujuan  OD yang ingin di capai oleh Credit Union Jemebatan kasih pada tahun 2022.

  1. Peningkatan efektifias kinerja pengurus dan manajemen CUJK dengan tetap berpegang pada nila CU.
  2. Mengoptimalkan potensi dan meningkatkan kontribusi pengurus dan manajemen terhadap CUJK.
  3. Menyelaraskan prilaku pengurus dan manajemen dengan misi, visi, nilai-nilai inti dan slogan CUJK

Dari tiga tujuan Organization Development (OD) tahun ini, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa: untuk menciptakan kemampuan pemecahan persoalan CUJK secara lebih terbuka ,tercapainya kesamaan pemahaman tujuan organisasi, membangun komitmen bersama antara pengurus dan manajemen untuk meninjau kembali sistem kerja yang ada pada CUJK demi peningkatan pelayanan kepada anggota .

Semoga dengan adanya OD ini menciptakan keharmonisan hubungan kerja dalam Credit Union Jembatan Kasih ,membangun komitmen bersama untuk meningkatkan perbaikan kinerja secara berkesinambungan, meninjau kembali sistem kerja yang ada pada CU Jembatan Kasih untuk meningkatkan pelayanan kepada anggota di tahun-tahun mendatang

Dengan adanya kegiatan ini membawa kekuatan baru untuk melangkah lebih maju, disiplin dalam bekerja untuk menjawab target-target yang sudah disepakati, jangan mengeluh keluarlah dari zona yyaman, capailah semua dengan berdoa dan  bekerja keras, karena hasil tidak pernah mengecewakan orang yang berusaha

Sebelum pertemuan OD tahun ini di tutup secara resmi, RD Yosefus Anting Patimura selaku ketua pengurus Credit Union Jembatan Kasih mengatakan bahwa kedepannya, kita harus mampu membuka cara pandang baru dan meninggalkan cara pandang lama,sebagai goresan sejarah untuk meraih kesuksesan bersama Credit Union Jembatan Kasih. Beliau juga tidak lupa mengucapkan limpahan terima kasih kepada RD. Fredy Rante Taruk yang telah memberi pencerahan dalam tata kelola CU yang benar.

Di akhir acara RD Fredy Rante Taru mengatakan bahwa ia sangat mencintai Credit Union dari relung hati yang terdalam, karena Credit Union menentukan hajat hidup orang banyak, sebab Credit Union mempunyai prinsip helping people help them self. Dalam tuturnya diakhir kata, ia akan kembali ke Pulau Batam khususnya pada Credit Union Jembatan Kasih.