RAT PARIPURNA XIV KSP CU JEMBATAN KASIH TB 2023

slide

WARTA CUJK

Pulau Batam-Dalam Rapat Anggota Tahunan XIV KSP Credit Union Jembatan Kasih Tahun Buku 2023, sekaligus memilih pengurus – pengawas periode 2024 – 2026 sebagai bagian dari siklus manajemen  organisasi dan merupakan mandat dari UU Perkoperasian. KSP Credit Union Jembatan Kasih menggelar Rapat Anggota Tahunan untuk membahas kinerja organisasi dan gerakan selama Tahun Buku 2023.

Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2023 dihadiri oleh anggota dengan sistem perwakilan dan dilaksanakan di Biz Hotel Batam Blok T No.15 Jalan Kompleks Nagoya City Walk, Lubuk Baja Pulau Batam Indonesia. Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan  Paripurna Tahun Buku 2023 yang dilaksanakan pada hari minggu 17 Maret 2024, di hadiri oleh pengurus dan pengawas serta utusan anggota dari delapan kantor cabang CU Jembatan Kasih.

Dengan jumlah kehadiran anggota 65 orang dari 66 orang yang di utus yang mewakili dari 6.268 anggota yang tersebar di 8 kantor pelayanan CU Jembatan Kasih ( Batam Center, Piayu, Batu Aji, Tanjung Uncang, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Pangkalpinang dan Pekanbaru ). Dan sejumlah tamu undangan baik dari pihak pemerintah maupun mitra gerakan.

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan kata sambutan ketua pengurus RD. Yosefus Anting Patimura. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan 5 paradikma dalam hidup ber-CU di tengah-tengah masyarakat saat ini yakni:

Paradikma I : Orang merasa dirinya bukan sebagai pemilik lembaga ( CUJK ), jadi mau maju atau mundurnya lembaga ini bukan urusan saya, yang penting saya dan keluarga aman, yang lain masa bodoh.

Paradikma II: Credit   Union   sebagai lembaga bisnis keuangan, jadi apapun caranya yang penting saya untung kalau tidak untung saya keluar dari keanggotan Credit Union Jembatan Kasih.

Paradikma III : Credit Union tidak perlu melalui regulasi beragam, jika ada yang pinjam silakan di kasih tanpa harus melalui  proses, yang penting keinginan saya terealisasi. Kelangsungan lembaga bukan urusan saya.

Paradikma IV : Credit Union hanya sebagai lembaga titipan uang semata, saya tidak perlu pinjam, tugas saya hanya menabung dan menambah kekayan pribadi semata tanpa memikirkan hajad hidup orang banyak, yang penting saya untung.

Paradikma V: Credit Union sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat dan keuangan keluarga untuk mencapai kebebasan finansial yang sejati. Sabar, ulet, berdedikasi tinggi, serta mampu menciptakan iklim yang kondusif dalam ber-CU. Jika paradikma ini kita miliki, maka setiap orang mampu menjadi saluran berkat yang melimpah untuk orang-orang di sekitarnya, dan juga untuk kelangsungan lembaga (CUJK) yang kita cintai.

Bapak Uskup Keuskupan Pangkalpinang Mgr. Adrianus Sunarko,O.F.M. selaku penasehat Credit Union Jembatan Kasih, menekankan pentingnya hidup bergotong royong dan saling berbagi antara yang satu dengan lainnya, karena hal ini akan menjadi saluran berkat bagi masyarakat di sekitar kita. Dan menurut Lembaga Riset Internasional, Indonesia merupakan Negara yang tingkat berbaginya cukup tinggi. Oleh karena itu bersyukurlah menjadi bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kepulauan Riau bapak Riki Rionaldi, S.STP.,M.Si. mengatakan bahwa angka kemiskinan ekstrim di KEPRI mengalami penurunan dari 1,75% saat ini tinggal 1,20% saja. Hal ini menunjukan sudah adanya peran  serta koperasi dalam meningkatkan tarap hidup masyarakat KEPRI. Beliau juga sangat tertarik dengan slogan CU Jembatan Kasih, yakni Lawan Kemiskinan Bangun Perdamaian. Semoga Credit Union Jembatan Kasih mampu bekerjasama dengan dinas-dinas terkait di Provinsi Kepulauan Riau ujarnya.

 

PEMILIHAN PENGURUS DAN PENGAWAS CUJK PERIODE 2024 S.D. 2026

Kegiatan   dilanjutkan   dengan   seremonial   pembukaan, sambutan-sambutan dan dikuti oleh laporan Pertanggungjawaban Pengurus serta Laporan Hasil Pengawasan Pengawas. Untuk mengefektifkan waktu pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan, laporan sudah di cetak dalam bentuk buku dan sudah di bagikan kepada para anggota yang hadir. Anggota bisa bertanya, memberikan saran dan kritik atas kinerja pengurus dan pengawas selama Tahun Buku 2023, dan pengurus pengawas pun menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan anggota. Pemilihan pengurus – pengawas baru oleh panitia pemilihan pengurus-pengawas periode 2024- 2026. Rangkaian kegiatan pemilihan dimulai setelah istirahat makan siang, berupa sosialisasi tata tertib pemilihan, penyampaian misi visi calon pengurus-pengawas serta proses pemungutan suara. Seyogyanya proses pemungutan suara mengunakan aplikasi Simo, yang mana para anggota diminta untuk mengisi form yang sudah di kirim ke handphone masing-masing anggota dalam bentuk link. Setelah menghitung suara yang masuk dari peserta pemilih, diperoleh nama 7 pengurus dan 3 pengawas yang baru. Para pengurus – pengawas terpilih didampingi penasihat CU Jembatan Kasih Mgr. Adrianus Sunarko, O.F.M., dan wakil ketua pengurus PUSKOPCUINA, bapak Antonius Sera’ Sima, S.IP.. melakukan deliberasi untuk menentukan struktur lengkap pengurus – pengawas. Hasil diskusi kemudian disampaikan kepada panitia pemilihan pengurus – pengawas dan anggota peserta Rapat Anggota Tahunan. Adapun susunan lengkap Pengurus – Pengawas periode 2024-2026 sebagai berikut:

Pengurus

  1. RD. Emanuel Vengi Nivak – Ketua Pengurus
  2. RD. Sesarius Gelede Liwun – Wakil Ketua
  3. Betty Monica Siahaan, A.Md. – Sekretaris
  4. Maria Florida Bunga Makin, S.E.– Bendahara
  5. Hironimus Nuga – Anggota
  6. Dermawan Simanungkalit – Anggota
  7. Lamhot Sihotang – Anggota

Pengawas

  1. RD. Andreas Naraama Lemoro – Ketua
  2. Jusniar Lumbantoruan, S.Pd. – Sekretaris
  3. Albertus Kurniawann Adi Ratmanto, S.E., M.Ak. – Anggota

Sebelum mereka pergi dan berkarya untuk perkembangan CU Jembatan Kasih, terlebih dahulu mereka di berkati oleh Mgr. Adrianus Sunarko,O.F.M. sekaligus mengucapkan sumpah setianya jabatan yang sudah dipercayakan anggota kepada mereka. Mereka bersumpah dihadapan anggota dan di hadapan Tuhan, untuk melayani sesamanya dalam ber-CU. Sebelum rangkaian kegiatan Rapat Anggota Tahunan di tutup, ketua pengurus terpilih RD. Emanuel Vengi Nivak. Dalam sambutannya beliau menyampaikan limpahan terima kasih kepada panitia pemilihan pengurus dan pengawas tahun 2024 untuk periode jabatan 2024 sampai 2026, kalian telah bekerja dengan baik, tanpa kolusi dan manipulasi. Semoga Tuhan memberkati kita semua.

 
Penulis : Januarius Jayusman
Editor : Teddy Pratama, S.Kom.
Photo : F. Kaswin Boer, A.Md.Vet.

 

Serba-Serbi